• Tumbuh Kembang Anak Usia 4 Tahun




    Anda akan melihat tubuh si kecil berangsur-angsur berubah dan lemak-lemak bayinya mulai menghilang. Kapasitas paru-paru anak bertumbuh dan staminanya semakin meningkat. Tidak lama lagi, Anda akan sadar bahwa Anda tidak perlu lagi “membiarkannnya menang” pada setiap lomba lari dan bahkan sulit menyamai kecepatannya!

    Perubahan Fisik
    Sejak kini hingga pacu tumbuh masa remajanya, anak Anda lambat bertumbuh, tapi tetap pada total laju minimalnya, yaitu 4 cm per tahun. Pertumbuhan ini seakan-akan terjadi secara tidak berurutan. Anda mungkin mulai cemas karena selama setahun ini ia memakai baju berukuran sama. Namun kemudian, tiba-tiba celana panjang yang belum lama ini Anda belikan sudah tidak muat lagi.

    Kakinya bertumbuh secara lambat, tapi juga dalam cara yang tak terduga. Suatu saat sepatunya cepat sekali kekecilan, tapi lantas ukuran kakinya menetap pada sepatu berikutnya hingga sepatu itu usang. Pada umumnya, kaki dan tangan anak Anda tumbuh sesuai dengan proporsi tinggi tubuhnya. Jika Anda mengukur tinggi badan anak menggunakan kusen pintu dan menemukan ternyata dia tumbuh kurang dari 2 cm dalam enam bulan, berkonsultasilah ke dokter anak. Apabila Anda khawatir si kecil terlalu gemuk, hitunglah IMT-nya (indeks massa tubuh) dan cocokkan pada table di halaman berikutnya untuk melihat anak termasuk kategori berat badan berlebih atau obes. IMT anak akan meningkat sesuai usia. Hal ini disebabkan karena ia secara relative akan menjadi bertambah berat akibat massa otot yang bertambah.

    Sebagaimana tubuhnya, otak anak pun ikut berubah. Untuk memaksimalkan perkembangan otaknya, ia memerlukan stimulasi, kehangatan, keamanan, gizi yang seimbang, dan tidur yang cukup. Otak anak Anda tengah menetapkan jalur-jalur neuron, yang akan menjadi permanen dan memungkinkannya meningat berbagai urutan kejadian.

    Berbagai Keterampilan Baru
    Hingga kini, si empat tahun sudah mampu melompat, melangkah cepat, meloncat, melempar bola dari atas kepala, menendang bola, dan memanjat dengan penuh percaya diri. Ia mampu berpakaian sendiri, meskipun masih membutuhkan sedikit bantuan dari Anda. Koordinasi geraknya akan membaik lewat latihan. Seorang anak yang mengalami kesulitan memanjat atau menendang bola mungkin hanya karena kurang percaya diri atau memerlukan sedikit dorongan tambahan.

    Pada usia ini, anak Anda mencoba menggunakan gunting dan menggambar yang menyerupai orang. Ia mungkin mampu memegan pensil dengan cara yang lebih baik, meskipun banyak anak yang masih menggenggam secara kaku. Dengan sedikit dorongan, ia bisa menulis namanya sendiri. Sebagian anak berusia empat tahun (tidak banyak) sudah mampu mengikat tali sepatunya. Jika anak Anda menggunakan kapalan tangannya untuk memegang krayon, ia perlu dibujuk untuk menggenggamnya dengan cara lebih tepat. Gurunya dapat merekomendasikan penggunaan karet “pegangan” berbentuk segi tiga, yang akan dipasang di bagian bawah pensil guna memudahkan anak untuk mengatur jari serta ibu jarinya mengelilingi pensil. Jangkauan kemampuan anak-anak usia empat tahun sangat lebar. Jangan cemas jika anak Anda masih mencorat-coret tak beraturan sementara teman-temannya sudah menghasilkan karya yang bagus.

    “Kegiatan-kegiatan fisik sederhana, seperti menendang dan melempar bola, akan meningkatkan keterampilan fisik serta koordinasi gerak si empat tahun.”

    BONUS CAMILAN MANIS Sesekali makan biskuit tidak akan membuatnya gemuk, tapi pastikan mengemil yang tidak sehat tidak menjadi kebiasaan.

0 comments:

Post a Comment

Teman