• Emosi Dan Kepribadian Anak Usia 3 Tahun


    Begitu si kecil mencapai usia tiga tahun, Anda sudah mampu membaca suasana hatinya serta menanggapi berbagai kebutuhannya secara cepat. Ia pun sudah mampu mengerti Anda dengan baik. Ia tahu bahwa rasa cinta Anda terhadapnya adalah tanpa syarat dan, meskipun terkadang Anda tidak menyukai perilakunya, Anda akan selalu menyayanginya.

    Meskipun si tiga tahun sudah bias bermain secara mandiri, ia masih ingin Anda berada di dekatnya. Anda bias membantu anak untuk lebih mudah berpisah dengan cara lebih sering melatihnya mendapatkan perhatian Anda, kemudian melepaskannya. Anda dapat melakukan ini dengan memberinya perhatian yang sebentar tapi sering. Berikan satu atau dua menit perhatian penuh Anda, kemudian tinggalkan dia bermain sendirian sebelum Anda kembali lagi untuk memberinya perhatian. Cara ini melatih anak untuk melepaskan Anda dan belajar bahwa Anda akan selalu kembali.
    Rata-rata anak usia tiga tahun akan girang berlari-larian untuk bermain, lalu dating kembali ke tempat mulanya sesekali waktu. Pada usia ini, pengawasan Anda terhadapnya sangat krusial karena pemahaman anak terhadap bahaya sangatlah minim dan ia akan merasa kebingungan jika tak dapat menemukan  Anda.
    Pada masa bayi dan balita, anak-anak yang takut berpisah dari orangtuanya, terutama pengasuh utamanya, adalah hal yang wajar. Anak membutuhkan waktu untuk memahami dan memercayai bahwa orang yang mereka sayangi dan andalkan akan selalu kembali kepadanya.
    Sekitar usia tiga tahun, buah hati Anda lebih percaya diri untuk berpisah dari Anda. Anda akan terkejut betapa cepatnya ia siap bermain saat Anda meninggalkan dia bersama pengasuhnya.
    ·         Jelaskan kepada si kecil bahwa Anda akan kembali untuknya, berikan ia ciuman dan pelukan, lalu pergi dengan tenang. Jika Anda menungguinya atau menangis, hal ini hanya akan memperpanjang keresahan Anda maupun anak.
    ·         Jika anak Anda memiliki mainan favorit, biarkan ia memegangnya untuk memberi rasa nyaman ekstra.
    ·         Jika khawatir karena si kecil resah saat Anda meninggalkannya, hubungi sang pengasuh beberapa waktu kemudian untuk memeriksa keadaannya.
    ·         Jika anak bersikukuh tidak mau melepaskan Anda, lakukan beberapa sesi latihan yang dimulai dengan berpergian dalam waktu singkat; awalnya hanya 20 menit, kemudian secara bertahap tambahkan waktunya. Cara ini akan menumbuhkan rasa percaya diri anak untuk berpisah dari Anda dan bahwa Anda akan kembali untuk menjemputnya. Ingatlah, para pengasuh anak profesional memiliki pengalaman membantu anak-anak untuk menanggulangi perpisahan. Mereka akan memahami perasaan anak Anda dan tahu cara menangani situasi tersebut.

    Di usia tiga tahun, anak mulai menyatakan diri sebagai seorang individu, dan sering menolak melakukan hal yang diperintahkan. “Tidak” merupakan kata favoritnya. Meskipun perilaku ini cukup menantang Anda, ada banyak keuntungan yang didapat dari anak yang berkemauan keras : ia mampu mengungkapkan kebutuhannya dengan jelas, mengembangkan pendapat yang tegas, dan kecil kemungkinan menjadi korban bully baik sekarang maupun di tahun-tahun yang akan datang. Namun demikian, agar sukses di rumah maupun di taman bermain, ia perlu tahu yang harus dilakukan jika diberi perintah. Untuk mengurangi pertarungan kehendak :
    Pastikan Persoalan Yang Sebenarnya Anda bisa menimalkan pertarungan dengan memutuskan untuk “tidak mempermasalahkan hal-hal kecil”. Tanyakan kepada diri sendiri apakah perkara itu cukup penting untuk diributkan. Apakah jika si kecil memakai kaus kaki usang atau ingin minum dari gelas merah (bukannya yang biru) benar-benar masalah serius? Jika persoalannya cukup penting, seperti memakai jas hujan di musim hujan atau menggosok gigi, maka Anda perlu bersikap tegas. Tapi jika tidak, lawanlah godaan untuk mempertarungkan hal-hal sepele.
    Perjelas Apa Yang Anda Inginkan Si kecil cenderung lebih menurut jika Anda memberi perintah yang jelas, masuk akal, dan adil. Jika Anda ingin menyertakan alas an, utarakanlah secara lugas, seperti “Diluar dingin, pakai baju hangatmu”. Ia akan berkembang pesat jika Anda konsisten dan bersungguh-sungguh dengan ucapan Anda.


    Karena bisa memalukan dan sulit untuk di abaikan, tantrum merupakan penyebab utama stres bagi para orang tua. Sering kali tantrum terjadi di depan umum, yang berarti Anda menghadapi banyak penonton yang mengamati Anda tengah berupaya meredakan amukan serta jeritan si kecil. Tantrum mulai terlihat sekitar usia 18-24 tahun dan berlanjut hingga masa awal balita. Kegiatan harian, seperti berpakaian, pergi ke supermarket, atau bertemu bisa menjadi situasi penuh stress selagi Anda mencoba tetap tenang sementara anak Anda menjadi-jadi tantrumnya.
    Kabar baiknya adalah tantrum membantu anak Anda menghadapi perasaan frustasi. Tantrum membuat anak mampu menunjukkan betapa marahnya dia.
    Tantrum juga memberi Anda kesempatan untuk melatih anak mengatur emosinya dengan cara membicarakan perasaannya setelah tantrum usai. Ketika Anda tetap tenang di tengah luapan marah serta frustasinya, Anda mengajarkan si tiga tahun bahwa perasaan-perasaan kuat tersebut tidak perlu ditakuti dan dapat dikendalikan. Jadi, usahakan untuk bersikap tenang dan tetaplah berada di dekatnya agar ia tetap aman. Hindari berunding dengan anak di tengah-tengah emosinya, ia tak akan mampu menangkap apa pun yang Anda katakan selama tantrum berlangsung.
    Ingatlah :
    ·         Menyerah pada tantrum anak atau mengalihkan perhatian anak dengan bonus camilan manis merupakan solusi jangka pendek. Untuk jangka panjangnya, ia belajar bahwa tantrumnya berhasil sehingga Anda dipastikan akan menghadapi lebih banyak tantrum lagi.
    ·         Jika Anda marah dan bersikap kasar ketika si kecil mengalami tantrum, ia akan belajar bahwa perasaannya tidak dapat dikendalikan secara aman dan menjadi bingung terhadap perasaannya sendiri.

    Pujian dan perhatian Anda memiliki andil kuat dalam mencetuskan perilaku baik yang Anda inginkan dari si buah hati. Kebiasaan Anda dalam memberikan perhatian yang positif pun akan terbentuk dengan baik ketika anak Anda mencapai usia tiga tahun. Dengan memuji serta mengakui prestasi anak saat ia melakukan sesuatu dengan prima, Anda membangun rasa percaya diri dan harga dirinya.
    Ketika melihat si kecil berperilaku baik atau menurut, tunjukkan rasa senang Anda. Pelukan, tepukan, atau beberapa kata pujian akan membuat anak ingin mengulanginya kembali. Cara Anda memberikan pujian dapat menentukan apakah anak mampu menangkap pesan yang positif. Saat Anda mengucapkan namanya, gunakan nada suara yang hangat dan penuh saying, tataplah matanya, dan bersungguh-sungguh dengan ucapan Anda. Dengan begini, pujian akan memberikan dampak lebih kuat.
    Ingatlah :
    ·         Si tiga tahun membutuhkan perhatian Anda; jika ia merasa Anda tidak menyadari perilaku baiknya, ia akan mencoba berperilaku buruk untuk melihat reaksi Anda.
    ·         Untuk mempertahankan perilaku yang baik, pastikan ia mendapat lebih banyak perhatian atas perilaku baiknya daripada perilaku buruknya.

    Si tiga tahun mulai menghadapi sebuah tantangan yang akan bertahan selamanya, yakni menjadi mandiri. Tahap ini berlangsung bertahun-tahun lamanya di saat ia mencoba tugas-tugas yang semakin kompleks; dimulai dengan mencuci dan berpakaian, lalu berangsur-angsur mulai membuat keputusan sendiri. Ia menguji keterbatasan koordinasi gerak serta pemikirannya, jadi Anda akan menemui banyak letupan frustasi di saat ia terus mencoba setiap tugas baru. Tetapi, ia akan cepat menguasai tugas-tugasnya jika Anda dengan tenang memberinya sedikit bantuan tanpa mengambil alih. Hasratnya untuk menjadi mandiri membuat anak termotivasi untuk mencoba segala hal sendiri.
    ·         Tingkatkan kemajuan si tiga tahun dengan melatihnya mengerjakan beberapa keterampilan yang paling mudah terlebih dahulu. Misalnya, mulailah mengajarinya memakai celana panjang dan piama. Pakaian jenis ini tidak memliki tali, mudah ditangani, dan biasanya memiliki gambar di depan sehingga tidak mudah terbalik.
    ·         Sederhanakan setiap keterampilan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Misalnya, jika si buah hati sedang belajar memakai jas hujan, sebagai awalnya Anda bisa membukanya lebar-lebar agar ia hanya perlu memasukkan tangannya ke lengan jas. Ketika ia sudah membangun rasa percaya dirinya, anjurkan ia untuk memegang jas hujan tersebut dan mencari lubang lengannya sendiri. Pada akhirnya, ia akan mampu mengambil jas dari gantungan, menemukan lubang lengan, dan memakainya tanpa bantuan sedikti pun.

    Si tiga tahun sudah mampu menjalin pertemanan dan bermain dengan anak-anak lain. Melalui tempat penitipan anak, kerabat, serta teman, ia memiliki kontak yang rutin dengan kelompok anak seusianya dan mulai condong bergaul dengan anak-anak yang ia sukai. Ia akan membangun hubungan tersebut melalui kerja sama bersama teman-teman sebayanya dalam permainan serta kegiatan sederhana yang diatur oleh orang-orang dewasa di sekitarnya. Karena baru belajar cara berbagi, ia masih perlu diawasi agar terhindar dari perebutan mainan dan perlu didorong untuk bergiliran.

    Sifat ramah atau pemalu pada anak-anak sungguh bervariasi. Tidaklah mengherankan jika sebagian dari sekelompok anak berusia tiga tahun adalah pemalu dan lebih senang bermain sendirian, sementara sebagian lainnya memiliki kepribadian yang lebih aktif dan sosial. Sifat pemalu bukanlah hal yang perlu dipermaslahkan; hal ini bisa saja hanya mencerminkan temperamen serta preferensi anak Anda. Sifat ini cenderung bawaan, jadi jika Anda orang tua yang pemalu, maka anak Anda pun berkemungkinan demikian. Sifat pemalu bisa saja diturunkan atau karena anak menirukan sikap Anda terhadap dunia.

    Sebagian orang tua khawatir sifat pemalu anak mereka akan menghalanginya mendapatkan teman. Anak pemalu mungkin membutuhkan bantuan tambahan untuk berbaur dengan anak lain dan untuk merasa percaya diri dalam berbagai situasi baru.
    ·         Anda dapat membantu anak pemalu untuk membangun hubungan pertemanan dengan mengundang salah seorang teman mainnya ke rumah dan merencanakan aktivitas sederhana yang dapat dimainkan bersama. Cara ini akan terasa lebih mudah bagi anak dibandingkan menemui anak-anak lainnya di taman bermain batita atau prasekolah.
    ·         Sifat pemalu juga dapat dikurangi jika rasa percaya diri keseluruhan anak meningkt. Pujian terhadap prestasi yang diraih anak dalam permainan atau bekerja sama dengan anak lainnya juga dapat membantu.

    Si tiga tahun menikmati lelucon sederhana dan berjenis slapstick (kasar) , juga mulai memahami humor toilet. Kemampuan anak melihat sisi lucu dari kehidupan tumbuh bersamaan dengan keterampilan bahasanya dan kemampuannnya meyadari hal-hal yang menggelikan. Anak yang ceria sangat memikat; kemampuannya bercanda dan tertawa membuatnya lebih mudah berhubungan dengan anak lainnya.
    ·         Anak-anak kecil akan tertawa jika melihat sesuatu yang janggal, misalnya kuda yang bersirip, atau mobil yang memiliki kaki.
    ·         Ia girang sekali melihat orang-orang dewasa yang melakukan kebiasaan slapstick.


    Ia menikmati pengertian bahwa orang dewasa pun bisa mengalami kecelakaan, terpeleset, atau dilumuri kotoran. Ia lebih geli lagi bila Anda sendiri, atau seseorang yang dekat dengannya, yang tengah membanyol. Si kecil akan langsung tertawa melihat Anda memainkan mimik wajah, menceritakan lelucon sederhana, mengejutkannya dengan bantal bunyi, dan menciptakan cerita serta sajak lucu.
    ·         Ia senang bercanda dengan Anda, bahkan mulai jadi “pelawak” dan belajar cara meledek orang lain. Misalnya, ia mungkin sulit menahan tawanya ketika Anda mencoba mencari-cari dia sewaktu bermain petak umpet atau melihat dengan jenaka saat Anda tengah mencari barang yang ia sembunyikan. Aspek senda gurau ini menunjukkan bahwa si kecil mampu memahami perspektif Anda. Ia mampu menempatkan dirinya pada posisi Anda saat Anda tengah mencari sesuatu, misalnya kunci, yang ia sembunyikan.
    Meskipun menyenangkan dapat saling bersenda gurau, ingatlah bahwa bentuk humor ini sangatlah berbeda dari mencemooh orang lain. Perilaku buruk ini bisa berkembang di kehidupan anak Anda kelak dan perlu dicegah. Namun, pada usia ini, anak Anda masih tidak bisa membedakan hal yang boleh ditertawakan dan yang tidak.

3 comments:

  1. Assalamkum , Ijin Shere, Syukur-syukur Berguna Kami Produsen & Supplier Furniture Mungkin Bisa Di Add PIN saya Buat Silatuhrahmi, Atau Nambah-nambah Relasi Dengan Kami.
    Pin: 29B6FE54
    Call Us : 082-220-960-468.
    Email: fauzulghufron@gmail.com
    web:www.galeryfurniturejepara.com
    web: www.indomebeljati.com,
    Addres: JL. Jepara -Kudus, Desa Tahunan, Kec Tahunan, Kab Jepara, Jawa Tengah, Indonesia , Pos:59451, Dengan Senag Hati Menjalin Silatuhrahmi dengan anda Amin , Semoga Bermanfaat,

  2. naynasalon said...

    good

  3. Trimakasih sharenya. Banyak ilmunya baca artikel ini.

Post a Comment

Teman