• Seputar Pertanyaan Masalah Fisik Anak Usia 4 Tahun


    Istilah medisnya disebut encopresis. Sekitar tiga persen dari anak-anak mengalami kondisi ini. Penyebabnya bisa karena kejadian traumatis sewaktu latihan pispot, seperti rasa nyeri selama buang air besar atau rasa takut untuk menyiram toilet. Faktor-faktor resiko lainnya termasuk diet tinggi lemak atau gula, Anak dengan ADHD dan gangguan pola perhatian lainnya juga rentan terhadap kondisi ini.

    Alasan lain bisa saja karena anak anda enggan menghentikan kegiatanya untuk pergi ke toilet. Setelah anda memperbaiki gizinya, buatlah semacam grafik bintang jika anak anda menggunakan toilet. Hindari memarahi anak karena hanya akan menambah rasa takutnya.

    Jika anak anda mengalami konstipasi atau mengeluarkan tinja yang tercecer, periksakan anak anda ke dokter guna mencari penyebab utamanya.

    Tidak, jangan khawatir karena mengompol di tempat tidur pada usia empat atau lima tahun adalah hal yang wajar. Latihan buang air mungkin belum terserap ke alam bawah sadarnya sehingga ia tidak bangun saat perlu buang air kecil. Perlu anda ketahui mengompol juga bersifat keturunan, sekitar 75 persen anak yang mengompol memiliki salah satu orang tua yang juga mengompol pada saat kecil. Ada juga beberapa penelitian yang mengindikasikan anak yang mengompol di karenakan kekurangan zat serupa hormon yang mengatur ginjal untuk memadatkan air seni supaya produksinya berkurang di malam hari sehingga dapat di tampung oleh kandung kemih anak.

    Cobalah membangunkan anak saat malam hari untuk membuang air kecil, bersikaplah tenang dan jangan menghakiminya atau menunjukan rasa marah.

    Ini memang normal. Disaat anak-anak mulai belajar tentang tubuhnya dan tubuh lawan jenisnya, mereka secara alami menjadi ingin tahu dan belum mengenal konsep tentang apa yang pantas dilakukan atau tidak. Mengeksplorasi tubuh mereka adalah hal yang wajar serta sehat, dan banyak anak pada kelompok usia seperti ini melakukan mansturbasi. Hindari mempermalukan si kembar, atau membuatnya malu terhadap perbuatan mereka. Anda tentu tidak ingin mereka menghubungkan rasa malu dengan tubuh mereka. Biarkan mereka bermain selama itu tidak berbahaya.

    Ya. Karena sabuk pengaman mobil tidak sesuai dengan kebutuhan fisik serta perkembangan anak kecil. Anak perlu kursi mobil yang khusus (car seat) yang aman dan harus digunakan hingga anak tak memerlukannya lagi. Di inggris, anak-anak 3-4 tahun perlu memakai penahan khusus untuk berat badan hingga mereka berusia 12 tahun atau mencapai tinggi 135 cm. Penahan ini selalu di pasang di kursi depan maupun belakang.


    Anjurkan anak anda untuk mendekorasi kursi nya dengan gambar tempel, agar lebih terlihat menarik dan unik jika ini membantu.

0 comments:

Post a Comment

Teman