• Masalah Fisik Anak Usia 3 tahun


    Cobalah pendekata yang halus agar masalah ini tidak membesar. Letakkan pispot disekitar rumah dan tanyakan apakah ia mau menggunakannya, tapi jangan pernah mamaksanya. Anda bisa membujuknya sembari bermain, misalnya "Teddy si beruang mau pipis ya? Oh, sepertinya kamu harus meletakkannya dia di pispot." Cobalah jadikan ini pengalaman yang positif.

    Si kecil mungkin lebih memilih menggunakan toilet karena membuatnya merasa "lebih gede". Jika demikian, gunakan dudukan toilet khusus batita dan tangga kecil untuk memudahkannya. Sebagian anak usia 3 tahun melalui fase penolakan karena mengalami konstipasi (jika hal ini menyakitkan baginya, ia akan menghubungkan rasa nyeri dan ketidaknyamanannya dengan pispot). Mintalah nasihat dokter anak anda.

    Tidak semua anak mengalami perkembangan pada kecepatan yang sama. Kemungkinan si tiga tahun memiliki gangguan bicara dan bahasa jika ia berbicara secara monoton atau terlalu keras, orang asing sering kali tidak memahaminya, ia menghilangkan atau mengubah konsonan (terutama pada awal atau pertengahan kata), ia tidak bertanya dengan menggunakan "di mana" atau "apa" atau ia tidak mampu menyusun kalimat sekurang-kurangnya dari tiga kata. Karena keterampilan bicara lebih sering dipelajari melalui imitasi, penyebab yang paling umum adalah masalah gangguan pendengaran. Jadi langkah pertama anda adalah melakukan tes pendengaran. Aturlah dengan dokter anak anda.

    Sebagian anak usia 3 tahun senang makan hanya satu atau dua jenis makanan. Untungnya, kebanyakan sikap selektif terhadap makanan ini akan berakhir dalam beberapa minggu. Jadi meributkan soal ini tidak ada gunanya dan bahkan bisa kontraproduktif. Berikan anak anda makanan yang seimbang, disertai dengan makanan yang tengah digemarinya. Jika ia memakai saus tomat pada setiap makanan atau selalu mengakhiri makannya dengan makanan lain yang menjadi kesukaannya. Jangan pernah memaksakan anak anda untuk menyantap makanan yang tidak ia inginkan karena itu hanya akan membuat nya semakin resisten. Namun, anda dapat menyiasatinya dengan meminta dia mencicipi jenis makanan lain. Ajaklah sikecil makan bersama seluruh anggota keluarga. Kebiasaan ini bisa mendorong anak untuk menikmati santapan yang normal.

    Tubuh putra saya sangat berisi dan sudah lebih besar dibandingkan teman-temannya. Apa yang harus saya Lakukan?
    Anak-anak berkembang pada kecepatan yang berbeda-beda, jadi berat badan anak anda mungkin masih belum pada tahap abnormal meskipun ia terlihat lebih besar dibandingkan yang lain. Temuilah perawat atau dokter anak yang dapat membandingkan ukuran anak anda pada tabel IMT (indeks masa tubuh) khusus anak-anak. Jika si kecil secara rata-rata terlihat lebih gemuk, mungkin anda perlu menemui ahli gizi anak.
    Kecuali jika dianjurkan, jangan membuat anak anda berdiet karena pengurangan jumlah asupan makanan serta kalori tidaklah sehat. Lagi pula, anak-anak perlu makan untuk tumbuh. Tapi, anak 3 tahun dapat secara aman disuguhi susu skim dari pada susu murni. Pastikan anak anda mendapatkan menu yang variatif dan diberikan porsi yang mencukupi. Tawarkan cemilan-cemilan sehat dan jangan terlalu sering memberikan makanan manis sebagai ganjaran atas perilaku baiknya.

0 comments:

Post a Comment

Teman