• Trik Jitu Dalam Pemahaman Dan Keterampilan Anak Usia 3 Tahun

    Bahasa si tiga tahun terus mengalami kemajuan dan perbincangan anda dengannya semakin menarik. Ia mulai menguasai beberapa keterampilan utama usia prasekolah, seperti mempelajari angka, mulai memahami konsep waktu, dan cerita-cerita yang anda bacakan kepadanya.

    Belajar Berkonsentrasi :


    Anak-anak usia tiga tahun memiliki ukuran serta kepribadian yang berbeda-beda, tapi satu hal yang umum mereka miliki adalah rentang perhatian yang pendek. Hingga kini, anak anda sudah mampu bermain sendirian untuk beberapa saat. Tetapi, meskipun ia tertarik pada suatu kegiatan, durasi fokusnya mungkin hanya berkisar beberapa menit (5 menit). Kemampuan untuk berkonsentrasi merupakan sebuah keterampilan hidup yang penting dan besar pengaruhnya terhadap kesuksesan selama masa sekolah maupun dunia kerja.

    Cobalah mendorong konsentrasi anak anda dengan duduk bersamanya saat ia bermain agar anda membantunya tetap berpusat pada satu tugas. Namun, jangan memaksanya terus bermain dengan satu permainan. Ketika sebuah mainan tidak lagi menarik bagi anak, singkirkanlah agar tidak mengganggu aktivitas si kecil berikutnya. Hal yang penting pada usia ini adalah anak anda mampu berkonsentrasi ketika sesuatu menarik perhatiannya.

    Anak sudah mampu mengenal banyak bilangan dan mungkin bisa menghitung hingga lima, tapi ini lebih berupa latihan daya ingat, bukannya pemahaman terhadap angka-angka itu tersendiri.


    1. Berikan boneka satu per satu sambil mengatakan "ini satu untukmu" / "ini dua untukmu" dan seterusnya.
    2. Berhitung sambil merapikan mainan bersama.
    3. Menunjuk angka-angka yang ada di sekitar si kecil.
    4. Bacakan sajak atau lagu anak-anak yang mengandung bilangan atau hitungan.
    5. Gunakan media yang mampu membentuk angka. Anak akan terbantu untuk mengingat angka yang berbeda dengan menyentuh dan merasakan setiap bentuk angka.
    6. Mainkan lah domino bersama-sama, jenis permainan yang memiliki baik warna maupun titik-titik adalah ideal untuk di usia ini.

    Daya ingat anak anda sudah membaik, jadi ia sedikit mampu memahami konsep waktu dan mengetahui beberapa nama hari. Meskipun masih terlalu dini untuk membaca jam, ia mengerti perbedaan antara "sebelum"dan"sesudah", "pagi", "siang", dan seterusnya. "Nanti" dan "sebentar lagi" juga konsep lain yang sudah dikenalnya.

0 comments:

Post a Comment

Teman