• Menyeimbangkan Asupan Diet Anak Anda Usia 3 s/d 5 Tahun


    1. Protein

    Mengapa di Perlukan :
    Diperlukan untuk pertumbuhan serta perkembangan setiap bagian tubuh anak anda. Setiap sel mengandung protein. Protein diperlukan untuk memperbaiki serta memperbaharui sel.

    Asupan Harian :
    2-3 porsi perhari asupan protein hewani dan nabati akan memberikan keseimbangan yang sehat.

    Sumber Makanan :
    Protein hewani mencakup daging tanpa lemak, ikan, dan telur. Protein nabati meliputi polong-polongan, gandum utuh, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi, beberapa buah serta sayutan.

    Tip :
    Tambahkan segenggam biji-bijian dan polong-polongan, atau telur ke dalam saus pasta. Tambahkan beberapa miju-miju (lentil) atau buncis kering kedalam sup atau makanan rebusan.

    2. Lemak

    Mengapa di Perlukan :
    Diperlukan untuk energi serta kelancaran fungsi tubuh anak anda. Lemak memasok kalori yang penting bagi pertumbuhan dan nutrisi esensial untuk fungsi otak.

    Asupan Hasian :
    2-3 porsi per hari.

    Sumber Makanan :
    Lemak sehat dapat ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan berminyak, minyak zaitun, dan alvokad. Produk susu serta daging merak sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan, tapi tetap dijadikan bagian dari diet anak.

    Tip :
    Teteskan minyak zaitun pada pasta, gunakan biji rami atau bentuk minyaknya dalam salad, berikan biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai cemilan, serta berikan ikan sesering mungkin. Batasi makanan yang mengandung lemak trans.

    3. Karbohidrat

    Mengapa di Perlukan :
    Ini merupakan makanan energi dan sumber bahan bakar utama tubuh. Terdapat dua jenis utama karbohidrat (nonrafinasi). Sebaiknya berikan jenis yang terakhir kepada anak anda.

    Asupan Harian :
    Upayakan 4-9 porsi perhari.

    Sumber Makanan :
    Gandum utuh (Wholegrain) buah dan sayuran segar, polong-polongan, serta beras coklat atau pun beras merah. Semuanya merupakan sumber serat dan mengandung nutrisi penting, termasuk vitamin B kompleks.

    Tip :
    Sajikan tumis sayur bersama nasi. Tambahkan polong-polongan ke masakan rebus. Batasi karbohidrat rafinasi, seperti roti putih, karena sebagian besar gizinya telah hilang.

    4. Serat

    Mengapa di Perlukan :
    Mendorong pencernaan yang sehat, membantu penyerapan nutrisi secara lebih efisien, menyerap toksin, serta mencegah konstipasi (sembelit).

    Asupan Harian :
    Jika anak anda memperoleh banyak asupan makanan yang tepat, ia akan mendapatkan serat yang dibutuhkannya.

    Sumber Makanan :
    Wholegrain, buah dan sayur (dengan kulitnya jika perlu), sereal berkualitas baik, nasi, serta polong-polongan.

    Tip :
    Hindari cemilan sereal batangan yang tinggi gula dan sering kali berjenis olahan, bukan wholegrain.

0 comments:

Post a Comment

Teman