• Masalah Prilaku Anak Usia 3 Tahun



    Putrisaya yang berusia tiga tahun bersikeras untuk selalu menggunakan dotnya. Apakahini perlu? 
    Menggunakan dot pada usia ini dapat menganggu perkembangan bicaranya karena kesempatan putri Anda untuk berbicara semakin berkurang, dan menyebabkan anak mengganti bunyi “t” dan “d” dengan bunyi “k” dan “g”. Tinggalkan dot di rumah agar anak Anda tidak dapat menggunakannya. Ketika ia berhasil berpergian tanpa dot, Anda dapat membatasinya hingga waktu tidur saja. Jelaskan kepada putri Anda bahwa anak “gede” sudah tidak menggunakan dot atau katakana bahwa “peri dot” telah mengambilnya, dan cobalah menggantinya dengan barang penenang lainnya (lihat bawah). 

    Putramungil saya selalu membawa boneka beruangnya ke mana-mana dan bisa tantrumkalau tidak menemukannya. Apakah ini normal? 
    Penggunaan mainan penenang adalah hal yang normal pada usia ini. Para psikolog menyebutnya sebagai “benda-benda transisi”. Anak Anda akan berhenti membawa mainan penenangnya di saat ia tak lagi membutuhkan rasa aman yang diperoleh dari mainan itu. Saat ia memutuskan bahwa ia sudah “gede”, ia mungkin akan melepas mainannya atau hanya menggunakannya di malam hari. Sementara itu, jangan meledek anak atau mencoba mengambil mainan itu darinya. Mungkin Anda perlu memperbaiki mainan tersebut berkali-kali karena ia terus memeluknya hingga rusak. Mainan favorit sulit digantikan dan rasa kehilangan dapat membuat anak menjadi stress. Oleh karena itu, jika memungkinkan, belilah mainan yang sama dan simpanlah untuk berjaga-jaga. 

    Putrisaya menangis dan berpegangan pada saya saat saya mengantarnya ke tempat penitipan. Apa yang bisa saya lakukan? 
    Jika anak takut berpisah dari Anda, pasti ada alasannya. Ia membutuhkan kehadiran Anda. Tidak semua anak sanggup mandiri dan pada usia yang sama, jadi berikan si kecil rasa aman yang masih ia perlukan. Katakan selalu salam perpisahan kalau Anda hendak pergi, dan pastikan selalu kembali seperti yang Anda janjikan. Usahakan agar ia yang meninggalkan Anda, bukan sebaliknya. Hal ini akan lebih membantu karena keputusan untuk pergi dan bermain adalah dari dirinya, bukan Anda. Berikan anak waktu sebanyak mungkin. Cobalah mencari factor pemicu dari kegelisahannya; misalnya, adik bayi baru yang menjadi focus perhatian keluarga saat ini. Ingatlah bahwa batita yang paling tidak mandiri sekalipun bisa tumbuh menjadi anak muda yang penuh percaya diri. 

    Putrisaya menggigit ketika ia merasa frustasi. Bagaimana sebaiknya saya menanganiperilaku ini? 
    Pada usianya yang ketiga, putri Anda sudah menyadari bahwa mengigit adalah hal yang salah, tapi ia juga tahu bahwa drama yang mengikat akan mendapatkan perhatian yang ia inginkan. Ketika putri Anda menggigit, jauhkan ia dari sang korban. Katakan, “Jangan, menggigit itu sakit.” Namun, jangan meributkannya jika tidak perlu dan berilah waktu serta perhatian Anda kepada anak yang digigit. Apa pun yang Anda lakukan, jangan menggigit balik. Hal ini akan melukai anak dan mengajarinya bahwa, apa pun yang Anda katakana, menggigit itu diperbolehkan. 

    Si kembarsemakin terkenal karena ulah mereka. Mengapa mereka sangat nakal? 
    Memiliki anak kembar bisa menjadi tantangan karena perilaku buruk yang umum terjadi, dan seringnya mencari perhatian (yang membuat kita menyerah). Luangkan waktu Anda untuk setiap anak. Usahakan juga untuk berbicara dan membacakan buku secara terpisah sebisa mungkin. Biarkan mereka memiliki mainan, pakaian, dan barang-barang lainnya sendiri karena hal ini akan membantu perkembangannya sebagai individu social. Anak kembar bisa mendapatkan manfaat dari waktu yang dilewati secara terpisah. Mungkin saja teman Anda bisa mengajak salah satu dari si kembar untuk bermain. Anda juga bisa membawa mereka ke sesi yang terpisah di taman bermain.

0 comments:

Post a Comment

Teman