• Tempat Penitipan Anak dan Taman Bermain Usia 3 Tahun

    Menemukan tempat penitipan anak yang sesuai dan memilih taman bermain yang baik bisa melelahkan. Hal yang paling penting untuk diingat adalah pilihan Anda perlu disesuaikan dengan si kecil. Maka, jika Anda perlu memilih, pastikan lingkungan tersebut akan memberikn yang terbaik untuknya. 
    MemilihTempat Penitipan Anak 
    Pada usia ini, anak Anda memerlukan kontinuitas dan rutinitas. Campuran pengasuh serta fasilitas yang berbeda-beda akan membuatnya resah dan bingung. Meskipun sumber Anda terbatas, cobalah untuk terikat pada satu rutinitas dengan tingkat perawatan yang sama setiap hari dan setiap minggunya. Misalnya, mungkin Anda memiliki ibu atau ayah yang bisa membantu beberapa hari dalam seminggu; atau mengirim si tiga tahun ke taman bermain di pagi hari dan menjemput oleh seorang childminder (penjaga anak) yang akan membawa anak kembali ke rumahnya sendiri atau ke rumah Anda. Semua ini merupakan pilihan-pilihan yang dapat ditempuh. Namun, cobalah untuk memastikan bahwa rutinitas setiap minggu anak kurang lebih sama.
    Saat Mencari Tempat Penitipan Anak :
    1. Usahaakan mencari tempat yang memiliki anak-anak seusianya; keterampilan social berkembang sangat pesat pada masa prasekolah; berinteraksi dan bermain sangatlah penting bagi anak usia tiga tahun (lihat halaman 42). 
    2. Mencari referensi dan mempelajarinya, dan tanyakan untuk melihat dokumen-dokumen inspeks.
    3. Jangan takut untuk bertanya dan mengungkapkan semua kekhawatiran Anda tentang anak yang perlu diperhatikan oleh sang calon pengasuh.
    4. Melakukan kunjungan. Lingkungan yang sehat akan terlihat jelas dan sebaliknya, kelemahan-kelemahan, seperti melihat banyak anak yang tidak melakukan apa-apa juga akan terkuak.
    5. Perhatikan selalu rasio antara pengasuh dan anak yang seimbang; untuk usia tiga tahun, lebih baik sekitar 5-7 anak untuk setiap pengasuh.  
    6. Cobalah sesi percobaan. Pengasuh serta tempat penitipan anak terbaik pun bisa saja tidak cocok dengan anak Anda, jadi ujilah mereka selama beberapa jam.  
    7. Pastikan untuk berolahraga, dan kegiatan belajar yang sesuai dengan usianya. 
    8. Menyusun prosedur untuk keadaan darurat. Anda akan merasa lebih yakin meninggalkan si kecil jika Anda tahu ia dirawat dengan baik, dan bahwa Anda akan siap dihubungi jika masalah timbul.  
    9. Ikuti naluri Anda. Jika Anda dan anak menyukai lingkungan penitipan anak tersebut atau kepribadian sang calon pengasuh, dan respons si kecil positif, artinya tempat ini menjanjikan.  
    10.Jangan mengenyampingkan anggota-anggota keluarga sebagai pengasuh anak Anda; meskipun bisa merepotkan, beberapa studi menunjukkan bahwa anak yang diasuh keluarga/kerabatnya sendiri akan berkembang lebih baik secara emosional.  
     
    Menilai  Sebuah Taman Bermain
    Kualitas yang Anda cari dari sebuah taman bermain kurang lebih sama dengan yang Anda perhatikan pada tempat pentipan anak. Sebagian besar lembaga pendidikan anak usia dini mampu menyediakan tempat pengasuhan anak sekaligus kesempatan belajar. Mereka melakukannya dengan menyeimbangkan antara perawatan serta program kegiatan yang syarat dengan stimulasi.

    Jika anda merasa sikecil belum siap untuk "dididik" dalam lingkungan aspiratif seperti ini, tidak ada salahnya menunggu. Banyak anak berusia tiga tahun bereaksi lebih baik terhadap program-program yang dikemas dalam bentuk permainan dan disisipi dengan kegiatan yang lebih terstruktur, beberapa penelitian mengindikasikan bahwa lingkungan belajar seperti ini efektif bagi anak-anak. Di taman bermain, anak anda seharusnya disuguhi berbagai tantangan serta kesempatan belajar sesuai dengan usianya, diimbangi dengan bermain bebas, olah raga, pola asuh yang mendukung, serta waktu untuk istirahat dan bersantai.

0 comments:

Post a Comment

Teman