• Kesehatan Anak Anda Untuk Usia 3 Tahun

    "Melindungi buah hati anda secara berlebihan terhadap infeksi malah 
    bisa merugikannya dalam jangka panjang"

    Di usianya yang ketiga tahun, anak anda mungkin lebih sering berhubungan dengan anak-anak lainnya. Ia mungkin sering terinfeksi penyakit-penyakit minor, seperti pilek, batuk, kejang demam, atau diare dan muntah-muntah, Pada kenyataannya, infeksi-infeksi minor ini punya manfaat.

    Sistem daya tahan tubuh anak anda tengah berkembang pesat dan sel-sel putihnya sedang belajar cara menciptakan antibodi untuk melawan penyakit-penyakit umum. Hanya dengan cara terjangkit beragam virus selesma, misalnya, ia mampu secara berangsur-angsur membangun antibodi serta meningkatkan pertahanan terhadap ratusan jenis virus yang menjadi penyebab selesma.

    Menjaga kebersihan rumah tangga secara sempurna mungkin berlebihan, kecuali jika anak anda memiliki alergi terhadap tungau atau debu rumah, tetapi kebersihan dapur dan kamar mandi penting guna mencegah keracunan makanan.

    1. Anjurkan anak anda untuk mencuci tangannya secara benar setelah menggunakan toilet dan sebelum makan untuk mencegah kuman dari usus tertransfer ke mulut.
    2. Bersihkan hidung anak anda dengan tisu, dan buanglah tisu tersebut agar virus tidak berkeliaran dirumah.
    3. Ajarkan anak untuk tidak memegang benda-benda yang dibuang dijalanan, taman umum, atau lapangan bermain.
    4. Gunakan talenan yang berbeda untuk memotong sayuran dan daging atau unggas mentah. Pastikan anda selalu memasak daging hingga matang agar semua bakteri patogen mati.
    5. Pastikan suhu lemari es anda tidak lebih dari 5 derajat celcius. Untuk mencegah kontaminasi, letakkan makanan mentah dibawah dan makanan matang di atas. Jagalah makanan tetap tertutup, baik yang matang maupun yang mentah.

    Vaksinasi memberikan perlindungan seumur hidup terhadap infeksi-infeksi yang lebih serius. Dari usia empat bulan hingga tiga tahun, anak anda akan menerima imunisasi lanjutan untuk mencegah difteria, tetanus, pertusis (batuk rejan) dan polio. Pada saat yang bersamaan, imunisasi MMR juga dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak terhadap campak (measles), gondokan (mumps), dan rubela (campak jerman). Efek samping dari imunisasi biasanya bersifat ringan, meliputi demam singkat, nyeri pada tangan, dan ruam selama sekitar 10 hari setelah suntikan MMR. Jika anda ingin mendiskusikan imunisasi lebih lanjut hubungi dokter anak anda.



    Gigi susu penting bagi perkembangan rahang anak anda (untuk tulang maupun ototnya), maka meskipun kecil, gigi-gigi pertama ini memiliki peran dalam keterampilan becara serta bahasanya. Karena menetap hingga serangkaian gigi baru mulai bermunculan, gigi susu juga berperan sebagai penjaga ruang bagi gigi permanen. Menggosok gigi secara teratur dengan pasta gigi khusus anak mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi anak anda, serta membangun kebiasaan yang baik untuk masa depannya.

    1. Sikecil mungkin sudah mau memegang sikatnya sendiri, tapi anda masih perlu mengawasinya dengan cermat dan membantu menyelesaikannya.
    2. Pastikan ia menyikat ke atas dan ke bawah supaya celah-celah gigi bersih secara efektif. Sebaiknya anda berdiri dibelakang anak, sedangkan ia menghadap cermin.
    3. Anjurkan anak untuk berkumur sampai bersih karena jika tertelan, pasta gigi dapat menyebabkan iritasi.

2 comments:

  1. Unknown said...

    Terimakasih infonya sangat bagus dan bermanfaat..
    obat tipes untuk anak

  2. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat. Kunjungi kami di:
    -- Cara Mengatasi Anak Susah Makan.

Post a Comment

Teman